PERPUSNAS

Tim GLS SMPN 1 Rancabungur a visit to Perpusnas

Sabtu, 22 mei 2022

Tim Gerakan Literasi Sekolah SMPN 1 Rancabungur atau yang biasa disebut GLS mengadakan kunjungan ke Gedung Perpustakaan Nasional Rl dengan bimbingan lbu Yati dan lbu Trisni. Perjalanan dimulai dari Stasiun Kereta Bogor lalu turun di Stasiun Gondangdia, dilanjut dengan jalan kaki menuju Gedung Perpustakaan Nasional RI. Gedung Perpusnas RI merupakan gedung tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan dengan ketinggian 126,3 m dan memiliki 27 lantai plus basement. Terletak di sebelah Monas Jakarta.

Setelah melakukan check-in aplikasi Peduli lindungi di gedung administrasi Tim GLS memasuki lobi gedung, sepanjang jalan ada ruangan di sebelah kanan-kiri yang berisi tentang sejarah literasi Indonesia dan dunia dari jaman dahulu, seperti daun lontar, primbon, dan sebagainya. Selain itu ada lukisan presiden RI dari presiden pertama Soekarno sampai dengan presiden sekarang Joko Widodo, dan di sebelah lukisan tersebut ada buku-buku biografi dari masing-masing presiden.

 

Usai menitipkan barang bawaan di loker tim naik ke lantai 24 dimana tempat Layanan Koleksi Budaya Nusantara dan Eksekutif Lounge dilanjut menuju lantai 4 Area Pameran dan kantin. Sebelum pulang Tim GLS membuat kartu Anggota Perpustakaan Nasional dengan menyerahkan KK dan kartu pelajar. Menjelang waktu solat dhuhur anggota yang beragama Islam menunaikannya di Masjid Agung Istiqlal, barulah ba’da ashar semua tim melakukan perjalan pulang kembali ke Bogor. Berbeda ketika saat pergi kali ini tim pulang dengan menaiki kereta dari Stasiun Juanda yang mana lebih dekat apabila berjalan kaki. Pukul 07.00 WIB tim sampai di Bogor.

Comments are Closed